LAPORAN
PELAKSANAAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN PROGRAM STUDI S1 ILMU PERPUSTAKAAN FAK. ADAB IAIN AR-RANIRY
SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2012
PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ADAB IAIN AR-RANIRY
DI
SUSUN OLEH:
SRI ANDAYANI
(530902178)
ROZA WAHYUNI
(530902199)
PROGRAM
STUDI ILMU PERPUSTAKAAN (APK)
IAIN
AR-ARNIRY
DARUSSALAM
– BANDA ACEH
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perpustakaan sebagai sumber informasi
memegang peranan penting dalam pembangunan nasional dan merupakan sarana
penunjang dalam pendidikan. Perpustakaan sebagai pusat informasi dituntut untuk
memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, dan tepat guna. Keberadaan
Perpustakaan akan dinilai baik dan bermanfaat jika dikelola oleh tenaga
profesional atau yang lebih dikenal dengan kata pustakawan. Seorang Pustakawan
adalah orang yang memahami seluk-beluk
dunia Perpustakaan dan memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang Ilmu Perpustakaan.
Oleh karena itu, maka perlu diadakan
Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) bagi Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan.
Praktek Kerja Lapangan adalah adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara
memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas
langsung di lembaga yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditempuhnya. Jadi, Praktek
Kerja Perpustakaan akan menambah kemampuan Mahasiswa untuk mengamati, mengkaji
serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi di Perpustakaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas
managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam
bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.
Adanya Program Praktek Kerja Perpustakaan
tersebut, diharapkan mahasiswa sebagai calon Pustakawan nantinya dapat menjadi
Pustakawan yang profesional.
B. Tujuan
Dan Manfaat Praktek Kerja Perpustakaan
1.
Tujuan Praktek Kerja
Perpustakaan
Ø Memberikan
kesempatan kepada Mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam
mengklasifikasikan teori pengolahan kegiatan Perpustakaan.
Ø Mahasiswa
dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku perkuliahan dengan
menerapkannya dilapangan khususnya di Perpustakaan.
Ø Mahasiswa dapat memahami
proses pengadaan, pengolahan sampai pelayanan bahan pustaka kepada pengguna Perpustakaan
Ø Mahasiswa
mampu membuat statistik pengunjung yang ada di Perpustakaan.
Ø Meningkatkan
hubungan kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan Instansi penempatan
Mahasiswa, khususnya Perpustakaan.
Ø Dapat
memahami konsep-konsep non-akademis di lapangan pekerjaan. Praktek Kerja
Perpustakaan akan memberikan pendidikan berupa etika kerja, disiplin, kerja
keras, profesionalitas didalam dunia Perpustakaan.
2.
Manfaat Praktek
Kerja Perpustakaan
Ø Bagi Mahasiswa, Mahasiswa memperoleh ketrampilan untuk melaksanakan program kerja pada
Perpustakaan.
Ø Bagi Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi dapat menjalin kerja sama dengan
Perpustakaan-perpustakaan dimana Mahasiswa ditempatkan.
Ø Bagi Tempat PKL/Perpustakaan, Perpustakaan dapat memperoleh tenaga
kerja yang sesuai bidangnya serta berwawasan akademi dari Praktek Kerja
Perpustakaan tersebut.
BAB II
PERSIAPAN KEGIATAN
Persiapan
Kegiatan Kerja dilakukan agar program kerja mudah dilakukan, dimana Mahasiswa yang
akan ditempatkan diberi bimbingan dan arahan terlebih dahulu oleh pihak
Akademik Jurusan APK (Adab Perpustakaan dan Komunikasi). Setelah bimbingan dan
arahan dilakukan, kemudian diumumkan nama-nama dan tempat penempatan PKL.
Penempatan tempat PKL sebagai tempat pengaplikasian ilmu yang kami miliki untuk
sementara ini sepenuhnya berdasarkan atas keputusan Akademik Jurusan APK, artinya
kami tidak memilih dan menetukan sendiri tempat PKL. Berdasarkan keputusan
Jurusan, kami ditempatkan di Perpustakaan Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Banda
Aceh, yang ber-alamat di Jln. Lingkar
Kampus IAIN Ar-Raniry, Fakulta Adab Kecamatan Darussalam Banda Aceh.
Setelah menyerahkan surat tugas dari Jurusan
kepada Kepala Perpustakaan Fakultas Adab, kami meminta izin kepada beliau untuk
melakukan Praktek Kerja Lapangan di Perpustakaan Fakultas Adab dan melakukan
wawancara sedikit dengan beliau untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai
Perpustakaan. Setelah itu, kami langsung dibawa untuk melihat bagaimana situasi
dan kondisi dan apa saja yang harus kami kerjakan/benahi di Perpustakaan
tersebut. Sebelum memulai Praktek Kerja, kami terlebih dahulu menyusun Rencana
Kegiatan yang akan kami lakukan sebagai pedoman kerja agar pekerjaan dapat
berjalan secara sistematis dan terselesaikan dalam target waktu yang telah
ditentukan.
BAB
III
KEGIATAN
LAPANGAN
A.
Bidang Pengolahan
Pengolahan
bahan Pustaka adalah kegiatan
yang berkenaan dengan bahan pustaka, sejak bahan pustaka tiba di perpustakaan,
sampai tersusun di rak dan siap untuk didayagunakan oleh pengguna. Secara
teknis perpustakaan kegiatan ini meliputi, inventarisasi, klasifikasi,
pengkatalogan,pelabelan sampai penyajian koleksi.
Untuk
pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan Adab, kami melakukan sepenuhnya mulai
dari awal dikarenakan adanya pengadaan koleksi buku baru untuk tahun 2012 yang bersumber dari pembelian. Berikut
ini adalah rincian kegitan pengolahan yang kami lakukan :
1.
Mengecek dan mencocokkan bahan pustaka yang diterima dengan daftar pesanan (Mengecek
judul buku, harga, jumlah dan kondisi buku).
2.
Memberi stempel
identitas pada sisi kanan buku, halaman judul, halaman rahasia dan halaman terakhir
dari buku yang diolah. Stempel yang diberikan adalah stempel tanda milik
Perpustakaan dan stempel tanda inventaris.
Gambar 1.1 Stempel Tanda Milik Perpustakaan
Gambar 1.2 Stempel Tanda Inventaris
Gambar 1.3
Stempel Tanda Milik Perpustakaan
3. Penomoran atau
mengklasifikasikan buku. Langkah awal yang kami kerjakan sebelum menentukan No.
Kelas adalah mencatat terlebih dahulu 8 daerah bibliografis bahan pustaka
kedalam T-Slip yang telah tersedia di Perpustakaan Fakultas Adab. Proses
pengklasifikasian yang kami lakukan menggunakan buku pedoman DDC, Pedoman
Klasifikasi Islam dan Pedoman Tajuk Subjek.
4. Pelabelan dan
menyampul buku. Pemberian
label buku ditempel pada punggung buku, yang berjarak pada ketinggian yang sama
yaitu 3 cm dari bawah. Label standar yang kami gunakan berukuran 5 x 4 cm yang
terdapat tulisan nomor panggi/call number ( No.kelas, 3 huruf awal nama
pengarang, 1 huruf awal judul buku ). Setelah label siap ditempel, selanjutnya
adalah menyampul buku-buku tersebut dan siap diinventarisasi.
Gambar 1.4 Contoh Label Buku
5.
Inventarisasi
koleksi buku. Inventarisasi adalah proses pencatatan bahan pustaka yang sudah
menjadi milik Perpustakaan Fakultas Adab ke dalam buku inventaris. Proses
pencatatan yang kami lakukan adalah mencatat nomor inventaris buku, tanggal
inventarisasi, judul buku, nama pengarang, penerbit, tempat terbit, tahun
terbit, eksemplar buku, bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), sumber pengadaan.
6.
Inventarisasi Koleksi Skripsi dan Laporan. Karya akhir Mahasiswa yang diwaqafkan oleh setiap lulusan
Fakultas Adab kepada Perpustakaan dan telah menjadi milik Perpustakaan Fakultas
Adab. Dalam hal ini, proses pencatatan yang kami lakukan hampir sama dengan
inventarisasi buku yaitu mencatat
nomor inventaris skripsi, nomor urut, nama penulis, nomor induk penulis, tahun
kelulusan, judul skripsi, halaman skripsi dan eksemplar skripsi.
7.
Pembuatan kertas penunjuk nomor klasifikasi pada rak.
Hal ini kami lakukan bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mencari kebutuhan
informasi di Perpustakaan Fakultas Adab.
8.
Penyimpanan
dan penyusunan koleksi (shelving). Bahan pustaka yang sudah siap diolah,
disusun kedalam rak koleksi. Sistem yang kami gunakan dalam penyusunan bahan
pustaka di Perpustakaan Fakultas Adab adalah nomor klasifikasi yang paling
kecil dari sebelah kiri kekanan.
9.
Diseleksi (Penyiangan).
Penyiangan adalah kegiatan menarik kembali bahan pustaka dari daftar koleksi.
Kegiatan ini juga kami lakukan di Perpustakaan Fakultas Adab, dengan alasan banyaknya
buku-buku lama yang tidak terpakai dan memberi ruang untuk buku-buku
terbaru.
B.
BIDANG PEMBINAAN MINAT BACA
Dalam bidang pembinaan minat baca di Perpustakaan Fakultas Adab,
kami merencanakan untuk membuat brosur dan menyebarkannya di Lingkungan IAIN Ar-Raniry.
Namun, kegiatan tersebut tidak terlaksana karena terdapat beberapa kendala
untuk membuat sebuah brosur. Misalnya, belum adanya Visi Misi Perpustakaan
dan peraturan-peraturan Perpustakaan
secara resmi dan tertulis serta tidak adanya layanan sirkulasi. Dibawah ini
tabel deskripsi Rencana Kegiatan Harian dalam bidang pembinaan minat baca.
C.
BIDANG SARANA DAN PRASARANA
Dalam bidang sarana dan prasarana Perpustakaan, ada 1 kegiatan yang kami rencanakan yaitu membuat
kotak saran. Tapi, ada 1 kegiatan tambahan yang kami laksanakan yaitu memasang
papan “Open/Close” di pintu Perpustakaan. Dan kedua kegiatan tersebut
terlaksana. Dibawah ini deskripsi Rencana Kegiatan Harian dalam bidang sarana
dan prasarana.
D. BIDANG PROMOSI
Dalam bidang
promosi, ada 2 kegiatan yang kami rencanakan yaitu membuat spanduk Selamat
datang dan poster “Motto Perpustakaan. Tetapi, dalam bidang promosi ini hanya
ada 1 kegiatan yang terlaksana yaitu membuat spanduk Selamat datang.
E. BIDANG PENYEBARAN INFORMASI
Dalam bidang penyebaran
informasi, kegiatan yang kami rencanakan terlaksana yaitu membuat mading
Perpustakaan dan membuat tata tertib untuk pengguna Perpustakaan.
Dibawah ini adalah tabel Rencana Kegiatan yang telah dilaksanakan.
A.
BIDANG PENGOLAHAN
No.
|
Bentuk Kegiatan
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Vol. (Jam)
|
Keterangan
|
1.
|
Mengecek bahan pustaka yang diterima
dengan daftar pesanan
|
1 November 2012
|
8.30-13.00 Wib.
|
Terlaksana
|
2.
|
Stempel buku sebanyak 690 eksemplar.
|
2 s/d 12 November 2012
|
8.30-12.00 Wib
|
Terlaksana
|
3.
|
Klasifikasi koleksi buku berjumlah 138 judul
|
13 s/d 21 November 2012
|
8.30-13.00 Wib
|
Terlaksana
|
4.
|
Pelabelan dan Penyampulan buku berjumlah 690 eksemplar
|
22 s/d 5 Desember 2012
|
8.30-13.00 Wib
|
Terlaksana
|
5.
|
Inventarisasi koleksi buku 690 eksemplar
|
6 s/d 18 Desember 2012
|
8.30-13.00 Wib
|
Terlaksana
|
6.
|
Inventarisasi Koleksi Skripsi dan Laporan
180 judul
|
19 s/d 26 Desember 2012
|
8.30-13.00 Wib
|
Terlaksana
|
7.
|
Pembuatan kertas penunjuk nomor klasifikasi pada rak
|
27 Desember 2012
|
8.30-13.00 Wib
|
Terlaksana
|
8.
|
Penyimpanan
dan penyusunan koleksi (shelving)
|
Setiap hari
|
8.30-13.00 Wib
|
Terlaksana
|
9.
|
Diseleksi (Penyiangan)
sebanyak 250 eksemplar
|
28 s/d 31Desember 2012
|
8.30-12.00 Wib
|
Terlaksana
|
B.
BIDANG PEMBINAAN MINAT BACA
No.
|
Bentuk Kegiatan
|
Tanggal pelaksanaan
|
Vol. (Jam)
|
Keterangan
|
|
|
1 Januari 2012
|
|
Libur
|
1.
|
Membuat dan Menyebarkanbrosur.
|
2 Januari 2012
|
8.30-13.00 Wib
|
Tidak terlaksana
|
C.
BIDANG SARANA DAN PRASARANA
No.
|
Bentuk kegiatan
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Vol. (Jam)
|
Keterangan
|
1.
|
Membuat Kotak Saran
|
2 Januari 2012
|
8.30
s/d selesai
|
Terlaksana
|
2.
|
Memasang papan “Open/Close” di pintu Perpustakaan.
|
2 Januari 2012
|
8.30
s/d selesai
|
Terlaksana
|
D. BIDANG PROMOSI
No.
|
Bentuk Kegiatan
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Vol.(Jam)
|
Keterangan
|
1.
|
Membuat spanduk selamat datang
|
2 Januari 2012
|
8.30
s/d selesai
|
Terlaksana
|
2.
|
Membuat spanduk “Motto Perpustakaan”
|
2 Januari 2012
|
8.30
s/d selesai
|
Tidak terlaksana
|
E.
BIDANG PENYEBARAN INFORMASI
No.
|
Bentuk kegiatan
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Vol. (Jam)
|
Keterangan
|
1.
|
Mading
|
3 Januari 2012
|
8.30
s/d selesai
|
Berisi informasi-informasi tentang Perpustkaan.Misalnya,
informasi mengenai koleksi terbaru Perpustakaa.
|
2.
|
Membuat tata tertib Perpustakaan
|
3 Januari 2012
|
8.30
s/d selesai
|
Tata tertib seperti Warning “Harap Tenang”, Tata cara pengambilan buku, Tata cara
pengambilan skripsi.
|
BAB IV
INTERPRETASI
Perpustakaan
Fakultas Adab merupakan sebuah Perpustakaan yang berada dibawah naungan
Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry. Perpustakaan ini dikelola oleh seorang tenaga
yang merangkap sebagai kepala Perpustakaan. Tugas yang dijalankan oleh tenaga
Perpustkaan disini adalah mengolah bahan pustaka, shelving, inventarisasi
skripsi/laporan dan membuat surat bebas pustaka. Perpustakaan ini belum menjalankan
layanan sirkulasi, dengan alasan kurangnya
tenaga Perpustakaan. Tapi, dilihat dari jumlah koleksi Perpustakaan ini
sudah layak untuk menjalankan layanan sirkulasi. Koleksi buku Perpustakaan
Fakultas Adab sampai saat ini sebanyak 1550 judul dengan jumlah eksemplar 3572.
Sedangkan koleksi skipsi dan laporan berjumlah 866 eksemplar.
Koleksi-koleksi
buku dinilai masih kurang relevan dengan kebutuhan pengguna Perpustakaan (Civitas
akademika Fakultas Adab). Pengadaan koleksi tersebut berasal dari pembelian,
hibah Dosen dan Mahasiswa serta pihak-pihak lain. Koleksi yang telah diterima
dari pengadaan langsung diolah di Perpustkaan yang meliputi, pemeriksaan
koleksi, stempel/pemberian identitas koleksi, penomoran/klasifikasi, pelabelan,
penyampulan, inventarisasi dan shelving (penyusunan di rak koleksi). Sistem
pelayanan yang diterapkan adalah pelayanan terbuka yaitu memberikan keleluasaan/kebebasan
kepada pengguna perpustakaan untuk menemukan dan memperoleh sendiri bahan
pustaka yang diinginkan.
Menurut
pengamatan, minat baca Mahasiswa Fakultas Adab tergolong tinggi. Akan tetapi,
terkendala oleh beberapa faktor yang terdapat di Perpustakaan itu sendiri. Seperti ruang Perpustakaan yang terlalu
sempit dibandingkan dengan jumlah Mahasiswa Fakultas Adab yang terus meningkat,
kurangya fasilitas, dan tidak adanya layanan sirkulasi. Beberapa hal tersebut,
merupakan segelintir kendala yang menghambat motivasi Mahasiswa Fakultas Adab
untuk mengunjungi Perpustakaan. Keberadaan Perpustakaan ini masih kurang
perhatian dari lembaga induknya sendiri, sehingga Perpustakaan terkesan tidak ada
perubahan dan perkembangan ke arah yang lebih baik.
Keputusan
Akademik Jurusan APK untuk menempatkan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Adab sangat tepat.
Ini dapat dilihat dari kondisi Perpustkaan yang semakin bagus dari sebelumnya.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dari praktik kerja
yang telah kami lakukan di Perpustakaan Adab, maka kami dapt menarik beberapa
kesimpulan diantaranya yaitu:
1. Perpustakaan
sudah memiliki koleksi bahan pustaka yang banyak namun dinilai masih kurang
relevan dengan kebutuhan pengguna.
2. Kurangnya perhatian dari lembaga induk akan pentingnya keberadaan
perpustakaan ini.
3. Perpustakaan
Fakultas Adab masih kekurangan tenaga/pustakawan, sehingga fungsi Perpustakaan
tidak dapat berjalan dengan baik
4. Banyaknya
faktor yang menghambat motivasi mahasiswa Fakultas Adab untuk mengunjungi
Perpustakaan. Seperti, ruangan yang terlalu sempit, fasilitas yang tidak
lengkap dan lain sebagainya.
5. Tidak adanya
Struktur Organisasi Perpustakaan.
6. Perpustakaan
Fakultas Adab hanya menerapkan layanan fotocopy, baca ditempat dan tidak
menjalankan layanan sirkulasi.
B. Saran
1. Diharapkan
Pengadaan bahan pustaka disesuaikan dengan kebutuhan informasi pengguna
Perpustakaan Adab (Civitas Akademi Faklutas Adab), agar koleksi Perpustakaan
terpakai dan dimanfaatkan.
2. Tenaga
Perpustakaan diharapkan untuk mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan
tentang Perpustakaan, karena hal tersebut akan menambah wawasan dan meningkatkan ketrampilan dalam mengelola
Perpustakaan.
3. Diharapkan
untuk merekrut pegawai baru yang memiliki latar belakang pendidikan dalam
bidang Ilmu Perpustakaan dan sebuah menyusun struktur oraganisasi, karena hal
tersebut akan menunjang perkembangan untuk lebih baik.
4. Sebaiknya
Ruang Perpustakaan diganti dengan ruang yang lebih luas dan letaknya srategis
serta memperhatikan desain tata ruang,
hal ini akan membuat pengguna merasa nyaman dan tertarik untuk
mengunjungi Perpustakaan.
5. Sebaiknya disediakan
ruang khusus untuk mengolah bahan pustaka, agar tidak menganggu kenyamanan
pengguna Perpustakaan.
6. Fasilitas
yang disediakan hendaknya mendapat perhatian khusus dari pihak penyedia, agar
dapat difungsikan dengan baik. Penyedian fasilitas yang baik dan lengkap akan
sangat membantu pekerjaan-pekerjaan di Perpustakaan.
7. Disarankan
untuk menerapkan layanan sirkulasi, karena hal ini juga dapat menarik minat
pengguna untuk memperoleh informasi di Perpustakaan dan bahan pustaka
termanfaatkan.
8. Melakukan promosi
Perpustakaan, agar keberadaan Perpustakaan diketahui oleh civitas akademika
Fakultas adab.
aduh blognya imut banget
BalasHapusiya makasi yaa :) udah berkunjung
BalasHapusTerimaksih telah mengunjungi blog kami, Aamiin., semoga sukses magangnya Aamiin.. Salam Hangat kembali dari Aceh...:)
BalasHapus