Senin, 05 Juni 2017

Aceh Library Consultant (ALC) dan Perannya Terhadap Dunia Perpustakaan di Lingkungan Aceh

Diposting oleh Sri Andayani di 6/05/2017 03:46:00 PM

Aceh Library Consultant atau ALC merupakan sebuah komunitas yang berkiprah sebagai konsultan bidang teknologi informasi dan perpustakaan. Komunitas ini didirikan oleh para alumni Strata-1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Aceh Library Consultant (ALC) mulai dibentuk pada tanggal 28 Agustus 2014 dengan tujuan komunitas dapat menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi perpustakaan Selain itu, juga untuk menjalin komunikasi yang baik dengan mahasiswa maupun alumni Ilmu Perpustakaan, pustakawan dan perpustakaan diberbagai daerah.

Dalam praktiknya, Aceh Library Consultant (ALC)  melakukan kerjasama dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Ar-Raniry dan berbagai jenis  perpustakaan di daerah Aceh. Sejak berdiri pada tahun 2014, Aceh Library Consultant (ALC) telah melakukan berbagai kegiatan pembekalan bagi instruktur, mahasiswa Ilmu Perpustakaan/calon mahasiswa magang dan pustakawan daerah Aceh dalam menggunakan software sistem otomasi perpustakaan berbasis web.

Pergerakan komunits Aceh Library Consultant (ALC) berada dibawah dewan pembina dan dewan pengurus.
a.      Dewan Pembina
1.     Drs. Khatieb A. Latief, M.LIS (Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab dan Humaniora serta Kepala Perpustakaan UIN Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).
2.     Nazaruddin Musa, M.LIS (Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Pustakawan Terbaik Indonesia).
3.     Nurhayati Ali Hasan, M.LIS (Ketua Program Strata-1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
4.     Zubaedah, M.Ed (Sekretaris Program Studi Strata-1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
5.     Drs. Syukrinur, M.LIS (Ketua Prodi Diploma-3 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
6.     Mukhtaruddin, M.LIS (Sekretaris Program Studi Diploma-3 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

b.     Dewan Pengurus
1.     T. Ade Vidyan Maghfirah, TB, S.IP (Direktur ALC)
2.     Arkin, S.IP (Sekretaris ALC)
3.     Ashabul Kahfi, S.IP (Manager Program dan Kerjasama)
4.     Rahmad Syahputra, S.IP (Manager Aset dan Keuangan)
5.     Wandi Syahputra, S.IP (Manager Operasional)
6.     Syahril Azmi, S.IP (Manager Marketing)
7.     Sri Hardianty, S.IP (Konsultan Informasi)
8.     Sri Andayani, S.IP (Konsultan Informasi)
9.     Uswati, S.IP (Konsultan Informasi)
10.  Fitriani, S.IP (Konsultan Informasi)
11.  Fahmiana Nova, S.IP (Konsultan Informasi)

Komunitas Aceh Library Consultant (ALC) didirikan dengan tujuan:
1.     Menghimpun seluruh alumni jurusan Ilmu Perpustakaan dibawah koordinasi Asosiasi Sarjana Ilmu Perpustakaan Aceh (ASIPA) untuk mengembangkan sistem otomasi perpustakaan perpustakaan di seluruh Aceh.
2.     Menjadi mitra kerja Prodi Ilmu Perpustakaan dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh dalam pengembangan soft skill mahasiswa dan alumni.
3.     Memberikan masukan dan kontribusi positif dalam mendukung setiap kebijakan pemerintah di Aceh yang berhubungan dengan dunia perpustakaan, terutama dalam pengembangan perpustakaan dan peningkatan mutu serta minat baca masyarakat Aceh.
4.     Mengawal setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Aceh dalam hal ini Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh terhadap penempatan pustakawan yang mengacu pada Undang-Undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007.

Aceh Library Consultant (ALC) juga berkontribusi banyak terhadap almamater, yaitu terhadap Perpustakaan-Perpustakaan Fakultas di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sekretaris Aceh Library Consultant (ALC) menyatakan, mulai tahun 2104, Aceh Library Consultant telah berperan dalam penerapan SliMS dibeberapa Perpustakaan Fakultas lingkungan UIN Ar-Raniry, diantaranya yaitu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, Syariah dan Hukum, Dakwah dan Komunikasi serta Sains dan Teknologi. Beberapa Perpustakaan Fakultas di lingkungan UIN Ar-Raniry lainnya sedang menjadi wacana bagi Aceh Library Consultant (ALC) untuk melakukan penerapan SliMS kedepannya.

Peran Aceh Library Consultant (ALC) sebagai sebuah komunitas yang aktif dalam bidang teknologi informasi perpustakaan, telah banyak melakukan sejumlah kegiatan seperti bedah perpustakaan, pelatihan bagi pustakawan dan penerapan SliMS disejumlah perpustakaan. Perpustakaan-perpustakaan yang telah melakukan kerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC), diantaranya sebagai berikut:
1.     Perpustakaan Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Aceh Bireun.
2.     Dayah (Pesantren) MUDI Mesra, Aceh Bireun.
3.     Perpustakaan International Centre for Aceh And Indian Ocean Studies (ICAIOS).
4.     Kantor Arsip, Perpustakan dan Riset (KAPR) Kabupaten Aceh Jaya.
5.     Perpustakaan Magister Administrasi Pendidikan (MAP), Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
6.     Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Ziziyah Kabupaten Bireun.
7.     Perpustakaan Akademi Analis Kesehatan Banda Aceh.
8.     Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Medika Seuramoe Barat, Meulaboh.
9.     Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
10.  Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
11.  Perpustakaan Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
12.  Perpustakaan Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
13.  Dan sejumlah perpustakaan khusus maupun perpustakaan sekolah lainnya.
14.  Dan lain-lain

Disamping itu, Aceh Library Consultant (ALC) juga bertanggung jawab sebagai alumni yang dilahirkan UIN Ar-Raniry,  dengan kewajiban memberi pembekalan kepada sejumlah mahasiswa yang ingin mengikuti praktek kerja lapangan (PKL) dibawah bimbingan Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Komunitasi itu terus berusaha untuk mengabdikan ilmu yang dimiliki dan diharapkan dapat menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang timbul dalam bidang perpustakaan di lingkungan daerah Aceh dan Indonesia.

SUMBER
               Arkin, dkk., Dokumentasi Profil Aceh Library Consultant Tahun 2014-2015.
   Hasil wawancara dengan Arkin, Sekretaris Aceh Library Consultant






0 komentar:

Posting Komentar

 

Sri Andayani Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea