Sabtu, 10 Juni 2017

REPOSITORY PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Diposting oleh Sri Andayani di 6/10/2017 10:46:00 AM


Perpustakaan Universitas Sanata Dharma terdiri dari dua unit perpustakaan yaitu Perpustakaan Kampus Mrican dan Perpustakaan Kampus Paingan yang dikelola secara sentralisasi. Perpustakaan kampus Mrican merupakan perpustakaan Pusat, yang terdiri dari 4 lantai, sedangkan Perpustakaan Kampus Paingan merupakan perpustakaan cabang, yang terdiri dari 2 lantai dan berkonsentrai pada pelayanan pengguna bagi sivitas akademika USD yang berada di Kampus Paingan.
Perpustakaan Mrican dan Paingan dihubungkan dengan jaringan komputer untuk dapat melayani penggunanya secara online. Sistem layanan yang digunakan adalah "sistem terbuka", dimana pengguna dapat memilih dan mencari sendiri koleksi yang diinginkan. Repository perpustakaan merupakan suatu layanan informasi yang diunggulkan di perpustakaan ini.
Repository di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma mulai dikembangkan pada tahun 2015 oleh staff bidang Teknologi Informasi perpustakaan sebagai Institusional Repository (IR). Sebelum repository dibuat, sejak tahun 2005 Perpustakaan Universitas Sanata Dharma telah mempunyai kebijakan terhadap pengembangan perpustakaan digital yang mewajibkan mahasiswa untuk mengumpulkan tugas akhir (laporan, skripsi, tesis ) juga hasil penelitian dosen, jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Sanata Dharma agar memudahkan perpustakaan untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi dalam bentuk non-cetak. Tahun 2013 diberlakukan kebijakan baru, yaitu para civitas akademika Universitas Sanata Dharma diwajibkan untuk meng-upload sendiri karya ilmiah mereka. Karya ilmiah diupload ke website perpustakaan. Selanjutnya, sejak tahun 2015 karya-karya ilmiah yang telah terkumpul tersebut di-upload oleh staff bidang IT kedalam repository perpustakaan. Jadi, repository Perpustakaan Universitas Sanata Dharma mulai aktif pada tahun 2015.
Pihak-pihak yang wajib untuk menyerahkan karya ke Repository adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan beban tugas akhir seperti laporan, skripsi dan tesis. Sedangkan untuk hasil-hasil penelitian dosen, pihak perpustakaan memberi keleluasaan bagi pemilik untuk meng-upload atau tidak karyanya (fleksible).
Karya-karya yang tersimpan dalam repository Perpustakaan Universitas Sanata Dharma dapat di akses oleh semua kalangan tidak terbatas untuk civitas akademika internal kampus Sanata Dharmam saja. Institusional Repository (IR) Perpustakaan Universitas Sanata Dharma menganut sistem layanan open acces, yaitu dapat diakses secara publik dimana saja dan kapan saja. Kebijakan yang dibuat, bahwa semua kalangan masyarakat mempunyai hak akses atas informasi. Meskipun ada kebebasan akses informasi, mereka tetap konsen tentang plagiarism. Bagi siapa saja yang memanfaatkan informasi dari repository diharuskan untuk menjauhi tindakan plagiat.
Karya yang terdapat repository Perpustakaan Universitas Sanata Dharma sebagian besar dapat di akses fulltext. Sedangkan sebagian kecil karya-karya yang tidak fulltext bergantung pada syarat yang diberikan oleh pemilik karya. Jika pemilik karya tidak setuju karyanya di upload secara fulltext, maka tidak akan di upolad. Biasanya isi karya yang menyangkut tentang perusahaan-perusahaan yang tidak boleh diketahui oleh semua kalangan.





0 komentar:

Posting Komentar

 

Sri Andayani Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea